OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S015-00319
Judul : Perbandingan Pengguanaan Metode Demonstrasi dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Tambelang Bekasi
Pengarang : Devi Fransiska
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S015-00319 S015-00319 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 50901
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode diskusi, yaitu dengan menganalisis secara empirik hasil belajar siswa yang diberikan metode demonstrasi dan metode diskusi dan menganalisis perbedaan hasil belajar dari kedua metode pembelajaran tersebut.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA NEGERI 1 TAMBELANG BEKASI sejak bulan Mei sampai bulan Juni 2011. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X, yaitu 2 kelas yang dipilih secara random dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Pengujian normalitas yang menggunakan uji lilliefors menghasilkan untuk kelompok 1 yaitu siswa yang menggunakan metode diskusi diperoleh nilai Lhitung = 0,0948, sedangkan Ltabel = 0,161 maka, data dari populasi berdistribusi normal. Dan untuk kelompok 2 yang menggunakan metode demonstrasi diperoleh nilai Lhitung = 0,093 dan Ltabel = 0,161, maka data berasal dari distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan penggunaan metode diskusi dan metode demonstrasi. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 5,019 lebih besar dari ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan yaitu dengan menggunakan metode diskusi, hasil belajar fisika siswa lebih besar dari pada menggunakan metode demonstrasi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox