Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali efektifitas dari penerapan program tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kuningan Barat 05 Pagi Jakarta, yang mencakup atau terdiri dari 230 siswa dan 20 guru sebagai responden atau obyek penelitian. Penelitian ini sebagai evaluasi penelitian pendidikan dalam penerapan konteks, input, proses, produk (CIPP ). Data yang dikumpulkan menggunakan dokumen wawancara, kuisioner / angket, observasi / pengamatan, dan tehknik cek list. Penampilan / hasil dari setiap aspek atau evaluasi berfokus pada perbandingan dengan standar bagian tujuan sebelumnya kemudian dibagi menjadi rendah, sedang, dan kategori tinggi. Keputusan-keputusan dibuat berdasarkan kesimpulan dari evaluasi setiap tingkat level.
Dari hasil evaluasi berdasarkan konteks masing-masing aspek, menunjukkan bahwa para pembuat kebijaksanaan pendidikan melihat bahwa penerapan program tematik merupakan suatu alat vital bagi siswa yang digabungkan dengan sekumpulan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk belajar mereka pada level pendidikan selanjutnya dan di dalam masyarakat. Dari segi hukum / sudut pandang hukum, namun demikian halnya dalam petunjuk utama penerapan program tematik yang diterbitkan / dikeluarkan oleh Dikdasmen tidak terlalu kuat untuk dijadikan sebagai referensi untuk penerapan kurikulum. Dari hasil evaluasi dalam aspek input, proses dan hasil / produk, menunjukkan bahwa hasil / penampiilan dari ketiga aspek-aspek harus ditingkatkan. Hasil dari penelitian ini ditujukan bahwa penerapan program tematik akan selalu berlanjut. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikdasmen dikombinasikan / digabungkan dengan kebijakan Kementerian dan hasil / penampilan dari setiap aspek perlu ditingkatkan.