Abstrak
ABSTRAK
Judul : Persepsi Remaja RW 09 Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan
Terhadap Iklan BSI Versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di
Televisi
Nama : Fandy Aziz Azhar
NIM : 0606017006
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Peminatan : Periklanan
Halaman : 118 + xviii halaman + 40 tabel + 11 lampiran + 1 riwayat hidup
Iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi merupakan salah
satu iklan yang mempromosikan kampus BSI kepada khalayak dengan tokoh yang
mirip dengan Barack Obama, untuk itu peneliti mencoba mengambil judul
tersebut dengan sasaran khalayak remaja lulusan SMU, apakah menghasilkan
persepsi yang positif hingga menimbulkan ketertarikan serta menyukai iklan
tersebut atau tidak.
Istilah ?Cognitive? berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian,
mengerti. Pengertian yang luasnya cognition (kognisi) adalah perolehan, penataan,
dan penggunaan pengetahuan. Individual Differences adalah teori yang menelaah
perbedaan-perbedaan di antara individu-individu sebagai sasaran media massa
ketika mereka diterpa sehingga menimbulkan efek tertentu. Hal-hal yang dapat
menyebabkan perbedaan persepsi antar individu dan antar kelompok adalah
sebagai berikut : perhatian, set, kebutuhan, sistem nilai, tipe kepribadian, dan
gangguan jiwa. Asumsi dasar teori kategori sosial adalah sosiologi yang
berhubungan dengan kemajemukan masyarakat modern dimana dinyatakan bahwa
masyarakat yang memiliki sifat-sifat tertentu yang sama akan membentuk sikap
yang sama dalam mengahadapi rangsangan tertentu.
Pendekatan kuantitatif adalah sebuah riset yang menggambarkan atau
menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat generalisasikan, tidak terlalu
mementingkan data atau analisis, yang paling utama adalah hasil riset dapat
dianggap merupakan representasi dari seluruh populasi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif. Jenis riset ini bertujuan membuat deskripsi
secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi
atau objek tertentu.
Pada hasil analisis tabel persepsi pada iklan BSI versi Barack Obama
(kuliah BSI aja) di televisi, hasil analisis perbedaan jenis kelamin responden
terhadap iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi menyatakan
tidak adanya perbedaan persepsi dikarenakan iklan BSI versi Barack Obama
(kuliah BSI aja) di televisi iklannya sederhana dan pesan yang disampaikan
mudah dipahami.
Pada hasil analisis tabel dapat disimpulkan bahwa persepsi pada iklan BSI
versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi, bahwa sebagian besar persepsi
dari responden yaitu remaja RW 09 Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan adalah
tinggi. Responden memperhatikan iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja)
di televisi.