Abstrak
ABSTRAKSI
Nama : Muhammad Ulpiarnis
Nim : 0606015095
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Konsentrasi : Penyiaran
Judul : Persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA Terhadap
Film My Name Is Khan.
Halaman : 118 + xv halaman + 49 tabel + 2 gambar + 9
lampiran
Film merupakan salah satu media massa dari komunikasi massa, maka
peran dan fungsi film sendiri sama dengan peran dan fungsi dari komunikasi
massa, yaitu dapat digunakan sebagai sarana penyebaran informasi mengenai
kejadian-kejadian dalam lingkungan, baik di luar maupun di dalam masyarakat.
Salah satu film yang mengangkat cerita toleransi antar beragama yaitu film My
Name Is Khan dimana film ini menimbulkan suatu persepsi terhadap para
penontonnya.
Maka yang di maksud dengan persepsi itu adalah suatu proses perhatian,
penerimaan, pemaknaan seseorang terhadap stimuli ke dalam suatu gambaran
dunia yang berarti. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek persepsi adalah
mahasiswa FISIP UHAMKA.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi, teori
perbedaan individual, teori kategori sosial, teori perbedaan persepsi. Dalam
penelitian ini yang diteliti adalah persepsi mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap
Film My Name Is Khan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, teknik penarikan
sampel yang digunakan adalah teknik proporsional cluster randam sampling
dimana populasi yang berada di daerah besar dibagi dalam area yang lebih kecil
yang jelas batas-batasnya.
Dari hasil penghitungan instrumen terdapat perbedaan persepsi anggota
IMM aktif FISIP UHAMKA dengan anggota IMM non aktif FISIP UHAMKA
signifikan pada 0,039. Dengan perbedaan mean responden anggota IMM aktif
sebesar 155,99, dan mean responden anggota IMM non aktif sebesar 154,23.
Film My Name Is Khan dipersepsi positif baik oleh mahasiswa anggota IMM
aktif maupun mahasiswa IMM non aktif. Hasil penghitungan nilai uji beda
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,039 yang lebih kecil dari pada nilai
signifikansi penelitian sebesar 0,05. Jadi hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis
Ha (Ha) diterima.