OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00403
Judul : Pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Jakarta Selatan
Pengarang : Siti Sorayya
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00403 S07-00403 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 50649
 Abstrak
ABSTRAKSI Fokus studi ini adalah pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Studi ini bermaksud untuk mengetahui secara rinci apakah ada pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Adapun judul yang dipilih dalam studi ini adalah ?Pengaruh Hukuman di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Jakarta)? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 siswa sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 20% atau 32 siswa. teknik poengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada siswa, wawancara dengan guru bimbingan konselingnya Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui baahwa hukuman dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 45%. Dan dapat dikatakan bahwa hukuman berpengaruh positif bagi motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Jakarta. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bagi seorang pendidik dalam menjatuhkan hukuman terhadap siswa yang melanggar disiplin/tata tertib/peraturan sekolah senantiasa mengedepankan sifat tidak mudah marah, sabar, adil, dan pemaaf, sehingga dalam melaksanakan hukuman betul-betul proposional. v Dalam memberikan hukuman sebaiknya guru yang berwenang melihat aturan atau prinsip yang dilanggar oleh perbuatan salah itu, apakah hukuman atau konsekwensi-konsekuwensi yang akan diberikan sesuai dengan kesalahan yang dilakukannya dan sesuai dengan situasi dan kondisi, serta hendaknya pesan yang akan disampikan dengan hukuman itu dalam mencela tindakan-tindakan anak tertentu seorang pendidik tetap menerima diri anak itu sendiri.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox