Abstrak
ABSTRAK
Kemampuan internet sebagai media belajar sangat membantu para akademisi dalam kualitas belajar. Semakin baik kemampuan peserta didik, maka akan timbul kualitas peserta didik semakin tinggi dalam proses belajar. Oleh karena itu penggunaan internet sebagai media belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa sekaligus meningkatkan kreativitas peserta didik. Tujuanya adalah untuk tercapainya motivasi belajar siswa sehingga timbullah prestasi belajar peserta didik.
Untuk terciptanya proses belajar yang menarik maka pendidik harus menggunakan internet sebagai media belajar sebagai sarana belajar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian dilakukan pada SMA Islam Al-Azhar 3 komplek masjid agung al- azhar 3 jalan sisingamangaraja, kebayoran baru jakarta selatan 12110. Adapun masalah dari skripsi ini adalah bagaimana pengaruh Media ?e? PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa.tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media ?e? PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa
Peneliti mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengunakan metode analisis data berupa Skala Likert, analisis regresi linier, analisis koefisien korelasi (korelasi product moment) , koefisien determinasi uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Media ?e? PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Al-Azhar 3 Kebayoran Baru. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh ini bersifat searah artinya gerak satu variabel di ikuti oleh variabel lainnya. Keaktifan siswa meningkat, dapat dilihat dari hasil akhir yang penulis dapatkan melalui penelitian :
Dari hasil analisis pengaruh Media?e? PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa dengan mengunakan metode statistik koefisien korelasi produk moment nilai r = 0,638 ini menujukan adanya kuat dan positifnya pengaruh Media ?e? PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa pada YPI AL- AZHAR 3 Sisinggamaraja Kebayoran Baru.
Besar kontribusi variabel x terhadap variabel y, maka dapat dilihat dari angka koefisien determinasi r yaitu r2x 100%= 0,6382x100%=40,70%. Hal ini berarti besarnya kontribusi Media ?e? PAI dalam Motivasi Belajar siswa SMA Al-Azhar sebesar 40,70%. Sedangkan sisanya 59,3% yang dipengaruhi oleh factor lain.
Pada uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji-t yaitu r hitung = 4,38 Jika dikonsultasikan dengan t table = 30, dan menggunakan taraf signifikan 0,05 (5%) diperoleh t table = 2,64. Peneliti memberikan kesimpulan bahwa r hitung lebih besar dari t table (4,38 >2,64). Maka perbandingan kedua nilai tersebut menunjukan adanya pengaruh yang berarti bagi siswa dalam menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa.