Abstrak
ABSTRAK
Menabung adalah tindakan yang dianjurkan Islam, karena dengan menabung berarti seorang muslim mempersiapkan diri untuk melaksanakan perencanaan masa yang akan datang. Dalam menabung di bank syariah, faktor bunga bukanlah hal yang diutamakan, karena dalam sistem bank syariah, tidak diperbolehkan adanya suku bunga. Perilaku nasabah mempunyai karakteristik yaitu jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir.
Faktor-faktor yang mendukung suatu perilaku nasabah dalam menabung dilihat dari faktor produk, faktor pelayanan, faktor fasilitas. Tiga elemen ini sangat penting dalam dunia perbankan seorang nasabah akan merasa mudah menggunakan produk yang digunakan, nasabah akan merasa senang dengan pelayanan yang ramah dan cepat dari karyawan, nasabah akan merasa nyaman dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Jika elemen ini terpenuhi akan menciptakan suatu ketertarikan nasabah dalam menggunakan produk-produk bank syariah.
Penelitian dilakukan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Syariah Fatmawati Jakarta Selatan 12150. Adapun masalah dari skripsi ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam memilih produk TabunganKu iB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku nasabah memilih produk TabunganKu iB.
Untuk memecahkan masalah, penulis menggunakan jenis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan sumber data menggunakan kuesioner atau angket. Ada 2 (dua) metode. Pertama, metode pengumpulan data berupa riset lapangan (field research) dan riset kepustakaan (library research). Kedua, metode analisi data dengan menggunakan skala likert.
Hasil penelitian di lapangan serta pembahasan menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah memilih produk TabunganKu iB adalah faktor price(harga), faktor produk, faktor pelayanan, faktor fasilitas, faktor sosialisasi dan faktor pribadi.