Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika. Populasi penelitian ini adalah semua nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika dan yang menjadi sampel adalah 50 orang nasabah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika yang menjadi responden sebagai alat pengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel bebas yaitu iklan dan hubungan masyarakat serta 1 variabel terikat yaitu perilaku konsumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi dengan r yang didapat sebesar 0,658 yang artinya ada hubungan yang positif dan kuat antara bauran promosi dan perilaku konsumen, koefisien determinasi dengan hasil yang didapat sebesar 43,2% artinya bauran promosi melalui iklan dan hubungan masyarakat yang baik dari Bank Syariah Mandiri akan memberikan kontribusi sebesar 43,2% terhadap perilaku konsumen, koefisien regresi berganda didapat persamaan Y = 24,304 + 0,399 iklan + 0,269 hubungan masyarakat, dan dengan menggunakan hipotesis H0 dengan distribusi F rasio dimana df pembilang = 1 dan df penyebut = 48 dengan membandingkan antara fhitung dengan ftabel ,dari perhitungan didapat fhitung 17,906 > ftabel 4,04 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara bauran promosi melalui iklan dan hubungan masyarakat terhadap faktor-faktor perilaku konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang positif dan kuat antara bauran promosi dengan faktor - faktor perilaku konsumen yaitu sebesar 0,658,dan bauran promosi mempengaruhi faktor - faktor perilaku konsumen. Bauran promosi melalui iklan dan hubungan masyarakat yang dilakukan perusahaan sudah baik, ini dapat dilihat dari tiap-tiap indikator yang rata-rata nilai keseluruhannya masuk dalam skala penilaian baik. Saran-saran yang dapat diberikan oleh penulis yaitu BSM diharapkan dapat tetap mempertahankan promosi yang telah dilakukan selama ini, sebaiknya iklan yang dibuat BSM dapat memberikan informasi yang mudah dipahami dan dapat meyakinkan konsumen atau nasabah unuk meyakini bahwa BSM adalah yang terbaik sedangkan hubungan masyarakat merupakan bujukan bagi konsumen atau nasabah untuk menggunakan produk-produk BSM. Perusahaan diharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja promosi pemasarannya.