Abstrak
ABSTRAK
NAMA : NENENG NURHAYATI
NIM : 0707015013
PROGRAM STUDI : KEPENDIDIKAN ISLAM
JUDUL : PENGARUH PELATIHAN ESQ (Emotional Spiritual
Quotient) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
SMP NEGERI 47 JAKARTA
Alasan penulis untuk meneliti di sekolah ini dari sudut pandang :
pihak sekolah mudah untuk ditemui, mudah ditemui nara sumber yang diperlukan,
dan sekolah ini telah melaaksanakan pelatihan ESQ sebagai salah satu sumber
yang akan diteliti.
Adapun alasan penulis memilih masalah ini dikarenakan pentingnya
mengukur tingkat pencapaian pelatihan ESQ terhadap Motivasi Belajar Siswa
yang ada pada Sekolah SMP Negeri 47 Jakarta. Dengan adanya pengukuran
terhadap motivasi belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar
siawa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh pelatihan ESQ terhadap motivasi belajar siswa di sekolah SMP Negeri
47 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SMP Negeri 47 Jakarta yang
beralamat di Jln. Rawasari
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan
metode penelitian kepustakaan dan survey. Populasi penelitian ini adalah siswa IX
SMP Negeri 47 Jakarta, yang berjumlah 210 siswa. Sedangkan untuk sampel
penelitian adalah 50 siswa (Responden), berdasarkan perhitungan 25% dari
jumlah populasi. Untuk mengumpulkan data variabel X dan Y menggunakan
angket. Masing-masing angket terdiri dari 20 butir pernyataan untuk variabel X
dan 20 butir pernyataan untuk variabel Y. setelah dilakukan uji validitas dan uji
relibilitas instrumen (pernyataan), diperoleh hasil databahwa semua butir dibuat
layak dikeluarkan dan disebarkan kepada responden dengan jumlah yang sama
yaitu masing-masing 20 butir pernyataan untuk variabel X dan Y. data yang
diperoleh diolah menggunakan analisa kuntitatif deskriptif, yaitu dengan metode
statistik dasar, analisa regresi sederhana, analisa koefisiensi korelasi, uji
keberartian koefesiensi korelasi, dan analisa koefisiensi determinasi.
Berdasarkan pengolahan data tersebut maka akan disimpulkan
bahwa pelatihan ESQ berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini
dinyatakan dengan nilai koefisien korelasi dengan hubungan Sedang sebesar 0.43
nilai 0.43 > 0.200, maka Ha diterima dan Ho ditolak berarti terdapat pengaruh
antara pelatihan ESQ terhadap motivasi belajar siswa pada sekolah SMP Negeri
47 Jakarta.