Abstrak
PENGARUH HASIL TES EVALUASI BELAJAR SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Studi Komparasi Antara Sekolah Dengan Sistem Sks Dan Non Sks )
ABSTRAK
Permasalahan yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan salah satunya adalah evaluasi. Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang, satuan dan jenis pendidikan. Fakta dalam pelaksanaan evaluasi (Ujian Negara) dalam Lembaga Pendidikan masih terdapat kecurangan-kecurangan, hal tersebut karena ketakutan akan mutu dari Lembaga Pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh hasil tes evaluasi belajar terhadap motivasi belajar siswa (studi komparasi antara sekolah dengan SKS dan sekolah non SKS) dengan menggunakan metode deskripstif kuantitatif yaitu peggambaran suatu penelitian dalam bentuk angka-angka berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumntasi hal-hal yang berhubungan dengan evaluasi dan motivasi siswa dalam belajar.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 29 siswa SMA Muhammadiyah 3 dan 30 siswa dari SMA Muhammadiyah 18 bahwa berdasarkan perhitungan SPSS hasil deksripsi motivasi siswa dari SMA Muhammadiya 18 dan SMA Muhammadiyah 3 hasilnya baik, memiliki peranan yang sangat peduli terhadap belajar. Hasil deskripsi evaluasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 dan 18 juga baik (dengan menggunakan SKS atau non SKS).
Kata kunci : Evaluasi Belajar, Motivasi Belajar