Abstrak
Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka
September 2011
ABSTRAK
Mutia Rahmah; 0709015021
Perbedaan kebahagiaan santriwati yang masuk dengan kerelaan sendiri dan yang terpaksa di pondok pesantren Daar El-Qolam
Kata kunci: kebahagiaan, santri yang masuk dengan kerelaan sendiri dan yang terpaksa
Menurut Synder dan Lopez (2007:128) kebahagiaan adalah keadaan emosi positif yang didefinisikan secara subjektif oleh setiap orang. Dalam pendidikan, kebahagiaan sangat penting sekali. Setiap siswa perlu menjalani proses pendidikan dengan bahagia, karena dengan bahagia siswa dapat menyesuaikan diri dengan baik seperti mudah menyerap atau memahami setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru, siswa mendapatkan prestasi yang baik, siswa dengan senang hati mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan dan dapat meningkatkan kreativitas pada murid.
Penelitian ini betujuan untuk melihat kebahagiaan santriwati yang masuk dengan kerelaan sendiri dan yang terpaksa di pondok pesantren Daar El-Qolam. Secara khusus ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan kebahagiaan santri yang masuk dengan kerelaan sendiri dan yang terpaksa. Dan sampel penelitian ini adalah santriwati kelas 3 SMP pondok pesantren Daar El-Qolam.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kebahagiaan berdasarkan komponen-komponen: emosi positif (optimisme masa depan kepuasan masa lalu) dan aktivitas positif (kebahagiaan terhadap kondisi saat ini). Dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan tingkat signifikan pada p = 0,01. Dengan demikian, hipotesa nol ditolak. Jadi, terdapat perbedaan kebahagiaan santriwati yang masuk dengan kerelaan sendiri dan yang terpaksa di pondok pesantren Daar El-Qolam.