OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : JI09-JPS vol 12 No 02,Januari 2006, p.121-139
Judul : Hubungan Konflik Peran Dan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Indonesia Yang Mengikuti Unit Kegiataan Mahasiswa (UKM) Bidang Seni
Pengarang : Dyaah Ayu Pitaloka dan Evita Eddie Singgih
Penerbit dan Distribusi : LPSP3
Subjek : Psikologi Sosial
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
JI09-JPS vol 12 No 02,Januari 2006, p.121-139 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47930
 Abstrak
Manusia seringkali menggalami konflik dalam kehidupannya. Pada mahasiswa UI yang menggikuti UKM seni, konflik yang dialami salah satunya berupa konflik peran, yaitu pertentangan yang dialami dalam melakoni peran sebagai mahasiswa dimana salah satu tugaasnya belajar dan berperan sebagai anggota suatu organisasi (UKM seni) yang dituntut berperan aktif dalam organisasi tersebut. Menurut Brown dalam Condliffe (1995),tinggkat konflik dapat mempengaruhi performa seseorang. Tingkat konflik yang tinggi dapat menghasikan performa yang negatif., sedangkan tingkat konflik yang sedang dapat meningkatkan performa. Namun, tingkat konflik yang rendah justru dapat menurunkan kembali performa. Pada mahasiswa, performa dapat berupa prestasi belajar. Adapun prestasi belajar merupakan deskripsi hasil evaluasi atau pengguasaan individu terhadap suatu materi yang tekah diberikan. peran (yang diukur melelui skor kuesioner konflik peran) dengan prestasi belajar (yang diukur melalui IPK) pada mahasiswa UI yang mengikuti UKM seni. Hasil analisa data menggunakan teknik kolerasi nonlinier (kolerasi eta),menunjukan hubungan yang singnifikan antara konflik peran dengan prestasi belajar mahasiswa UI yang mengikuti UKM bidang seni. Ini berarti, konflik peran tingkat tinggi menyebabkan prestasi belajar yang rendah, dan konflik peran yang sedang akan menyebabkan peningkatan prestasi belajar. Namun konflik peran yang rendah menyebabkan penurunan prestasi belajar.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox