OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : jl09-JPS, vol 12 No 01,September 2005, p.1-14
Judul : "Gencetan-gencetan" Di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif Tentang Arti, Skenario, Dan Dampak "Gencet-gencetan"
Pengarang : Intan Indira Riauskina, Ratna Djuwita dan Sri Rochani Soesetio
Penerbit dan Distribusi : Fakultas Psikologi UI
Subjek : Psikologi Sosial
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
jl09-JPS, vol 12 No 01,September 2005, p.1-14 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47925
 Abstrak
Penelitian ini inggin meliahat naskah kognitif yang dimiliki siswa/siswi SMA di Jakarta mengenai "gencet-gencetan". Naskah kognitif adalah sketma yang berisi detail dari sebuah peristiwa. "Gencet-gencetan" adalah salah satu bentuk school bullying atau perilku agresif yang dilakukan berulang-ulang oeleh seseorang/sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan , terhadap siswa/siswi yang lebih lemah, dengan tujuan inggin menyakiti orang tersebut,Eksplorasi mengenai naskah kognitif akan memberikankan gambaran lengkap mengenai peristiwa "gencetan-gencetan" yang terjadi beberapa SMU di Jakarta. Penelitian ini dilakukan kepada siswa/siswi dari dua SMU di mana sering terjadi peristiwa"gencet-gencetan". Hasil dari penelitian iniselain memberikan pemahaman tentang arti dan skenario "gencet-gencetan", juga dampak ayng mungkin terjadi kepada korban, dilihat dari sudut pandang siswa-siswi SMU. Dari jawaban subjek diketahui bahwa korban sering mengalami dampak negatif berupa kesejahteraan psikologi (psychological well being) yang rendah, kesulitan dalam penyesuaian sosial,dan gangguan-gangguan psikologis. Diharapkan dengan diketahuinya naskah kognitif dari siswa-siswi ini pihak yang berkepentingan bisa melakuakan intervensi untuk mengatasi gejala ini.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox