OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : AI01-110008
Judul : Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Cakung Timur 04 Pagi Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2009-2010
Pengarang : Samsul Maarif
Penerbit dan Distribusi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA
Subjek : Pendekatan Konstruktivisme
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
AI01-110008 AI01-110008 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47767
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan yang diajar menggunakan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan yang diajar menggunakan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2008-2009. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji Bartlett. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,109 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,107 < 0,161 = Ltabel, maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh hitung = 0,887 < 16,9 = tabel, maka populasi dua data tersebut homogen. Uji analisis data dengan taraf signifikansi  = 0,05 didapat thitung = 3,346 > ttabel = 2,04. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika siswa SD SN Cideng 02 Pagi Jakarta Pusat.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox