OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : AI06-110001
Judul : Pengembangan Bahan Ajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Evaluasi Program Pendidikan pada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana UHAMKA Jakarta
Pengarang : Abdul Madjid Latief at all
Penerbit dan Distribusi : Program Pascasarjana UHAMKA
Subjek : Pendidikan administrasi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
AI06-110001 AI06-110001 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47695
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi belajar mahasiswa dengan tersedianya materi ajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan pada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana UHAMKA Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Development Research) dengan uji coba produk materi bahan ajar sesuai indikator yang menjadi pokok-pokok bahasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan semester III Tahun Akademik 2010/2011 pada Program Pascasarjana UHAMKA Jakarta. Objek penelitian ini adalah materi ajar Evaluasi Program Pendidikan dalam proses belajar mengajar berupa tampilan yang ditunjukan melalui motivasi belajar, semangat yang dicirikan dengan cara bertanya, berdebat dan pemahaman yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Hasil pengembangan secara fisik berupa penyusunan materi bahan ajar yang terdiri dari 14 Bab sesuai indikator-indikator dalam pokok bahasan. Aplikasi pengembangan ini dari pengamatan dapat dilihat perubahan sikap secara positif dalam penerimaan materi ajar berupa motivasi bertanya, berdiskusi dan berargumentasi. Kesimpulan pengembangan bahan ajar dalam proses belajar mengajar menunjukkan koefisien 0,7478 suatu angka yang memberi makna korelasi antara tersedianya materi ajar dengan hasil belajar sangat signifikan. Secara kualitatif iklim kelas yang ditunjukkan memiliki sikap positif dalam arti motivasi belajar bersemangat, tugas-tugas dikerjakan, tepat waktunya, mengkritisi materi sesuai fenomena di lapangan. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar para tenaga pengajar menyiapkan/menyusun materi ajar sesuai mata kuliah yang diampunya, selain sumber-sumber anjuran yang diwajibkan kepada mahasiswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox