OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00520
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori di MTs Al Mafatih Jakarta
Pengarang : Ariani Rodiah
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xvi, 241p. : ill.
30 cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00520 S017-00520 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47540
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ? Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori ?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Mafatih Jakarta, kelas VIII pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji chi kuadrat serta uji homogenitas dengan uji chi kuadrat. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung=3,150 < 7,810=Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung=6,818<7,810=Ltabel, maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,061 < 1,861 = Fkritis, maka kedua sampel tersebut homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung = 3,570 > 2,002 = tkritis . Hal ini berarti tolak Ho, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian metode ekspositori. Metode penemuan terbimbing, metode ekspositori, dan hasil belajar matematika.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox