OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00469
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan matematika Realistik dengan pendekatan Spiral di SMP Negeri 100 Jakarta Barat
Pengarang : Sinta Sanusi
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xv, 214p. : ill.
30 cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00469 S017-00469 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47528
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan matematika realistik dengan pendekatan spiral. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan matematika realistik dengan pendekatan spiral?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 100 Jarta Barat kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2010-2011. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas adalah pendekatan matematika realistik dan pendekatan spiral. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,1126 < 0,1610 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1436 < 0,1610 = Ltabel , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 0,6031 < 1,8408 = Ftabel, maka kedua sampel tersebut homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji?t didapat thitung = 3,640 > 2,002 = ttabel dengan taraf signifikansi 0.05. Hal ini berarti tolak Ho, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunkan pendekatan matematika realistik dengan pendekatan spiral
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox