OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00355
Judul : Tanggapan siswa terhadap pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Cikampek
Pengarang : Siti Patimah
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00355 S014-00355 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 47185
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Cikampek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA dari SMA Negeri 2 Cikampek sebanyak 118 orang. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Juni 2010. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dengan jumlah pertanyaan 30 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen pembelajaran yang terdiri dari aspek-aspek tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, faktor guru, metode pembelajaran, kegiatan belajar mengajar (KBM), evaluasi, sarana dan prasarana, belajar mandiri serta pengetahuan umum biologi, adanya kecenderungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran IPA biologi di SMA Negeri 2 Cikampek baik sekali. Maka hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa paham tujuan pembelajaran biologi, siswa lebih menyukai materi mengenai sistem reproduksi, siswa mengakui kemampuan gurunya dalam penguasaan materi dan metode pembelajaran biologi yang bervariasi, siswa mengakui termasuk kelas aktif dan bertanya dalam pembelajaran, penilaian yang dilakukan guru sudah adil dan tepat (objektif), internet merupakan sumber belajar lain selain guru di sekolah, keadaan laboratorium tidak mendukung dalam pembelajaran, dan hal yang disukai dari pelajaran biologi yaitu materinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mata pelajaran IPA biologi khususnya dalam mengembangkan kemampuan siswa. Bagi guru diharapkan untuk meningkatkan kualitas mengajarnya sehingga menjadi guru yang profesional di bidangnya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox