OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00393
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode permainan dan metode ekspositori di Sekolah Dasar Negeri Jurang Mangu Barat II Pondok Aren Tangerang
Pengarang : Elvira Rosa Pratiwi
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xv, 163p. : ill.
30 cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00393 S017-00393 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46829
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode permainan dan metode ekspositori . Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode permainan dan metode ekspositori?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jurang Mangu Barat II Pondok Aren tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 56 siswa yang terdiri dari kelas VA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari kelas VB sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 28 soal dengan empat pilihan yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda instrumennya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi a=05,0. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lilliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,095 dan Ltabel = 0,166. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,105 dan Ltabel = 0,166. Karena Lhitung < Ltabel, berarti H0 diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,003 dan Ftabel = 1,905 dengan taraf signifikan a=05,0. Karena Fhitung=1,003 < 1,905 = Ftabel maka H0 dierima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh harga thitung = 2,647 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 05,0 dan derajat kebebasan (dk) = 54 didapat harga ttabel = 2,006. Karena thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menngunakan metode permainan dan metode ekspositori. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode permainan dan metode ekspositori.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox