Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara minat baca dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 139 Jakarta pada semester 1 tahun pelajaran 2010/2011.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa yang diambil secara acak sederhana (simple random sampling), sedangkan metode yang digunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instumen minat baca menggunakan angket, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diujicobakan kepada 37 siswa. Dari hasil uji coba diperoleh 26 pernyataan yang valid dari 40 pernyataan minat baca dan 25 butir tes yang valid dari 40 butir tes hasil belajar. Untuk pengujian reliabilitas angket minat baca yang diujikan, diperoleh rhitung = 0,851 > 0,325 = r(α,n) sedangkan untuk pengujian reliabilitas tes hasil belajar yang diujikan, diperoleh rhitung = 0,831 > 0,325 = r(α,n) sehingga instrumen penelitian ini reliabel. Sebelum data penelitian dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data
yaitu normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas, dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh, Lhitung = 0,093 < 0,161 = L(α,n) dan data variabel Y diperoleh dan Lhitung = 0,115 < 0,161 = L(α,n), maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh, Y=−0,077+0,247 X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan,
Fhitung = 1,357 < 2,795 = F(1 ? 0,05)(dk TC/dk E), sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel.
Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 35,335 > 4,200 = F(1 ? 0,05)(1,n-2), maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotessis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung = 0,747 didapat thitung = 5,944 > 2,050 = t (1-1/2 x) (n-2) yang berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,558 artinya kontribusi minat baca terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 55,8 %.