Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kresek Tangerang pada semester ganjil tahun pelajaran 2009-2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30 siswa dari 60 siswa yang berasal dari siswa kelas VIII-A dan VIII-B. Metode Penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasi. Instrumen penelitian menggunakan angket disiplin belajar yang berjumlah 19 item dengan 5 alternatif jawaban dan tes hasil belajar matematika berjumlah 19 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk variabel (X) didapat Lhitung = 0,069 < 0,161 = Ltabel , dan untuk
variabel (Y) didapat Lhitung = 0,147 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh F hitung = 1,902 < 2,43 = F (0,95) (13,15) sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh F hitung = 23,481 > 4,20 = F(0,95) (1,28) berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi
variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment
diperoleh rxy = 0,675. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-student dari rxy = 0,675 didapat thitung=4,838>2,05=t dengan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak, maka terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 = 0,4559 Hal ini berarti disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 45,59% terhadap hasil belajar matematika siswa.