OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00511
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa yangbelajar menggunakan metode laboratorium berbasis worksheet dan metode demontrasi di SD Negeri Ketapang Cipondoh
Pengarang : Eryandi
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : viii, 177p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00511 S017-00511 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46789
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode laboratorium berbasis worksheet dan metode demonstrasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Laboratorium Berbasisi Worksheet dan Metode Demonstrasi?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ketapang Cipondoh Kelas IV (empat) pada semester ganjil (satu) tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 76 siswa yang terdiri dari 42 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode laboratorium berbasis worksheet dan metode demonstrasi sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum Instrumen penelitian ini diberikan kepada objek penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari uji validitas dengan rumus korelasi point biserial diperoleh 28 soal yang valid dan 12 soal yang tidak valid, sedangkan hasil dari uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 diperoleh rhitung = 0,873 > 0,349 = rtabel maka dapat disimpulkan bahwa instrument yang digunakan reliable. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,065 < 0,137 = Ltabel sedangkan untuk kelas control Lhitung = 0,096 < 0,152 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,058 < 1,752 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,333 > 1,995 = ttabel dengan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode laboratorium berbasis worksheet dan metode demonstrasi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox