OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00508
Judul : Hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa SMA Al-ishlah Cilegon
Pengarang : Siti Qowiyatul Huzaiyah
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xii, 131p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00508 S017-00508 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46786
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? Terdapat hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X (sepuluh) SMA Al-Ishlah Cilegon pada semester II tahun pelajaran 2007-2008, sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 45 siswa dari dua kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah aktivitas belajar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum data dianalisis terlebuh dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,0571< 0,1321 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,0663 < 0,1321 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh . 32 , 0 50 , 13 ? X Y + − = Untuk uji kelinearan regresi menghasilkan Fhitung = 1,06 < 2,02 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 58,74 > 4,06 = Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student, dari rhitung = 0,761 didapat thitung sebesar 7,692 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 05 ,0 adalah 2,000. Hal ini berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi 2 r diperoleh sebesar 0,577, hal ini berarti aktivitas belajar memberikan kontribusi sebesar 57,7% terhadap hasil belajar, sedangkan 42,3% diberikan kontribusinya oleh faktor lain.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox