OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00505
Judul : Pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 187 Jakarta
Pengarang : Rusyda Maulida
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xiv, 207p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00505 S017-00505 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46783
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 187 Jakarta tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 9 soal dengan masalah terbuka yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi 05 , 0 = α . Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lilliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung= 0,1266 dan Ltabel = 0,1610. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,1474 dan Ltabel = 0,1610. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, berarti hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung=1,6381 dan Ftabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 05 , 0 = α . Mengingat Fhitung=1,6381 < 1,8500 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh harga thitung = 2,3184 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 05 , 0 = α dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga ttabel = 2,0020. Hal berarti thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan open-ended berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. iii
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox