Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara penguasaan aritmetika siswa dengan hasil belajar ilmu faraid siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara penguasaan aritmetika dengan hasil belajar ilmu faraid siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di
MAN 1 Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil satu kelas dari delapan kelas yang ada dengan jumlah siswa 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Variabel bebasnya adalah penguasaan aritmetika. Variabel terikatnya adalah hasil belajar ilmu faraid. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan uji
normalitas dengan uji lilliefors serta uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,099 < 0,140 = L(0,05;40) sedangkan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,072 < 0,140 = L(0,05;40), maka dapat disimpulkan kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y? = 4,402 + 0,741X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung= 0,894 < 2,19 = F(1-0,05)(10.28) sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier
dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung=55,621 > 4,10 = F(1-0,05)(1.38) maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh rhitung= 0,771 dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student didapat thitung= 7,462 >
2,024 = t(1- 2 1 . 0,05)(38) yang berarti H0 ditolak, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penguasaan aritmetika dengan hasil belajar ilmu faraid siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,594 artinya 59,4% kontribusi penguasaan aritmetika dengan hasil belajar ilmu faraid siswa.