OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00493
Judul : Pengaruh pemberian tes kesiapan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada operasi bilangan bulat di SD Negeri Sudimara 6 Ciledug
Pengarang : Hilda Firdania
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xi, 163p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00493 S017-00493 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46770
 Abstrak
HILDA FIDANIA. NIM : 0401125027. pengaruh pemberian tes kesiapan matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Sudimara 6 Ciledug. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian tes kesiapan matematika terhadap hasil belajar matematika terhadap hasil vbelajar matematika Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa-siswi SD Negeri Sudimara 6 Ciledug pada semester ganjil tahun pelajaran 2008-2009. pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampel random sampling sebanyak 60 siswa, 30 siswa dari kelas III-B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa lagi dari kelas III-A sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk tes objektif pilihan ganda dengan tiga option. Instrumen penelitian sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan uji coba instrumen. Instrumen diuji validitasnya dengan menggunakan rumus poin biserial ( r pbi ) dengan banyaknya siswa 30, sehingga harga r(α=0,05 : 30) = 0,361 dengan kriteria rpbis > r(α=0,05 : 30). Soal yang telah dinyatakan valid kemudian diuji reliabilitasnya menggunakan rumus K-R 20 dan diperoleh r11 > r(α=0,05 : 30) yaitu 0,456>0,361, sehingga didapat 20 soal yang valid dan reliabel dari 30 soal yang diuji cobakan. Tehnik yang digunakan adalah dengan uji t, pada taraf signifikansi α : 0,05. Uji persyaratan dlam analisis ini adalalah Uji Liliefors untuk normalitas dan uji F untuk Homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lo < L( 0,05 ; 30 ) yaitu 0,0849 < 0,1610. sedangkan kelas kontrol didapat Lo (Lhitung) < L( 0,05 ; 30 ) yaitu 0,01141< 0,1610. karena Lo < Ltabel maka kedua sampel berdistribusi normal. Uji F untuk Homogenitas diperoleh Fhitung=1,019 dan F0,05(30-1,30-1) dengan α:0,05 = 1,850 karena Fhitung < F0,05(30-1,30-1) yaitu 1,019 < 1,850. sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,816 sedangkan t(0,975:58) dengan thitung < t(0,975:58) dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga ttabel = 2,00. Hal ini berarti harga thitung > t(0,975:58) 2,816 > 2,00 yang berarti Ho ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian tes kesiapan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada operasi bilangan bulat di SD Negeri Sudimara 6 Ciledug. Kesimpulan ini memberikan suatu pengertian bahwa tes kesiapan matematika merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox