OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00486
Judul : Hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Karawang
Pengarang : Dede Farida
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xvi, 165p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00486 S017-00486 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46762
 Abstrak
DEDE FARIDA. NIM : 0401125010. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Juli 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan hasil belajar matematika siswa.?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karawang tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 40 siswa dari 88 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tekhnik korelasi. Instrumen persepsi siswa terhadap kompetensi guru (variabel X) menggunakan kuesioner dengan skala Likert sebanyak 40 butir pernyataan, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan 35 butir soal. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen tersebut diuji cobakan kepada 40 siswa diluar sampel yang telah ditentukan, dari 26 butir pernyataan kuesioner persepsi siswa yang telah valid diperoleh harga reliabilitas r11 = 0,849 > 0,312 = r tabel dan dari 24 butir soal tes hasil belajar matematika siswa yang telah valid diperoleh r11 = 0,858 > 0,312 = r tabel berarti secara keseluruhan instrumen ini reliabel dan layak untuk digunakan. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji lilliefors untuk menguji normalitas data serta analisis varians (ANAVA) untuk menguji kelinieran dan keberartian regresi. Berdasarkan hasil pengujuan normalitas, untuk variabel X diperoleh Lhitung = 0,099 < 0,140 = Ltabel sedangkan untuk variabel Y diperoleh Lhitung = 0,064 < 0,140 = Ltabel, hal ini berarti kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan linieritas dengan persamaan regresi X Y 378 , 0 722 , 8 ? + − = diperoleh Fhitung = 1,606 < 2,15 = Ftabel, berarti terdapat hubungan yang linier antara dua variabel. Sedangkan untuk pengujian keberartian regresi diperoleh Fhitung = 62,915 > 4,10 = Ftabel berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment memperoleh nilai rxy = 0,790. selanjutnya dilakukan pengujian t-student dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga diperoleh thitung = 7,944 > 2,024 = ttabel, artinya H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan hasil belajar matematika siswa. Sedangkan koefisien determinasi r2 xy yang didapat adalah 0,623 hal ini menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 62,3% dan 37,7% kontribusinya diberikan oleh faktor lain.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox