OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00449
Judul : Korelasi antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan
Pengarang : Evi Nuraftinauli
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : KEMAMPUAN MEMBACA
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00449 S011-00449 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46726
 Abstrak
ABSTRAK EVI NURAFTINAULI. NIM: 0301055006. Korelasi antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang korelasi antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November s.d Desember 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan cara menghubungkan dua variabel kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan melalui persentase dari jumlah populasi sekolah yang diambil secara acak. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan yang berjumlah 240 siswa diambil 30 % dari jumlah keseluruhan, jadi jumlah sampel penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca kritis dan tes kemampuan menulis resensi yang berupa buku bacaan. Setelah data terkumpul, hasil tes kemampuan membaca kritis dan tes kemampuan menulis resensi dihitung. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata kemampuan membaca kritis sebesar 78,2, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis resensi sebesar 63,6. Kemudian penulis melakukan perhitungan menggunakan uji product moment yang menghasilkan r hitung sebesar 0,5 lebih besar dari pada r table sebesar 0,220 pada taraf signifikansi (α ) 0,95. Uji signifikansi korelasi (menguji apakah r hitung sebesar 0,5 ini signifikan), dilakukan dengan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan t hitung sebesar 4,9. Dalam tabel diketahui t tabel pada taraf signifikansi (α ) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 78 adalah 1,67. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh t hitung (4,9) > t tabel (1,67) maka Ho ditolak, sebaliknya Hi diterima.Dengan demikian, penulis menyimpulkan terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta Selatan. Apabila kemampuan membaca kritis tinggi maka kemampuan menulis resensi tinggi pula.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox