OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00476
Judul : Hubungan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas v SD Negeri Kebayoran Lama Selatan 13 Pagi Jakarta selatan
Pengarang : Utari Tias Ningrum
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : x, 130p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00476 S017-00476 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46711
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ??Ada hubungan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V (lima) SD Negeri 13 pagi Jakarta Selatan pada semester II tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan teknik korelasi. Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,0722 < 0,1401 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,0891< 0,1401 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = -17,59 + 0,94 X uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 5,87 ≥ 4,10 = Ftabel, sehingga regresi signifikan. Uji linearitas diperoleh Fhitung = 1,12 < 2,175 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan regresi linear artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan uji t student. Dari Lhitung = 0,366 didapat thitung sebesar 2,423, sedangkan harga ttabel dengan α = 0,05 adalah 2,024. Hal ini berarti H0 ditolak. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,134. Hal ini berarti bahwa minat siswa memberikan kontribusi sebesar 13,4% terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox