OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00473
Judul : Hubungan kepercayaan diri perserta didik dalam menghadapi tes dengan hasil belajar matematika peserta didik di SMA Negeri i Cibarusah
Pengarang : Agus Dwi Erianto
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xviii, 195p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00473 S017-00473 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46702
 Abstrak
AGUS DWI ERIYANTO. NIM : 0601125004. Hubungan Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Meghadapi Tes dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Cibarusah.. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, November 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tes dengan hasil belajar matematika peserta didik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tes dengan hasil belajar matematika?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cibarusah pada semester satu (ganjil) tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara simple random sampling dengan mengambil 30 peserta didik Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Instrumen kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tes (variabel X) menggunakan skala Likert, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika peserta didik (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen yang menggunakan angket diujicobakan kepada 30 peserta didik. dan dari hasil uji coba diperoleh 31 item angket yang valid dari 45 item angket, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 30 peserta didik dan diperoleh 28 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas kuesioner diperoleh r11 = 0,880 > 0,361 = r(0.0530), sedangkan tes hasil belajar matematika diperoleh r11 = 0,876 > 0,361 = r(0.05,30), sehingga tes ini reliabel dan layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji kenormalan atau uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,052 < 0,161 = L(0.05,30) dan data variabel Y diperoleh Lhitung = 0,079 < 0,161 = L(0.05,30) maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 8,233 + 0,1309 X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1,305 < 3,432 = ( ) (1 ) , F dkTC dkE α − = sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel . uji keberartian regresi didapat Fhitung = 4,803 > 4,200 ( ) (1 ) ( / ), F dkreg b a dkres α − = , maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,383. keberrartian korelasi dengan menggunakan uji t-student, dari rxy = 0,383 didapat 2,193 hitung t = sedangkan ) 2 1 ( − − n t α dengan tarf signifikansi 0,05 adalah 2,050. hal ini berarti H0 ditolak, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tes dengan hasil belajar matematika peserta didik Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,146 artinya hanya 14,6 % kontribusi kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tes dengan hasil belajar matematika peserta didik.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox