OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00433
Judul : Korelasi antara kemampuan menyimak dengan kemampuan menuliskan kembali informasi siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4 Jakarta barat
Pengarang : Desi Rahmawati
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : MENYIMAK
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00433 S011-00433 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46660
 Abstrak
ABSTRAK DESI RAHMAWATI. NIM: 0301055004. Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Menuliskan Kembali Informasi Siswa Kelas I SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat. Skripsi, Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan menyimak dengan kemampuan menuliskan kembali informasi siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Barat. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru dalam usaha meningkatkan pengajaran Bahasa dan sastra Indonesia, khususnya kemampuan menyimak dan kemampuan menulis di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat, pada semester pertama pada tahun ajaran 2007/2008. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat. Sedangkan sampelnya sebanyak 80 siswa yang diambil sebanyak 30% dari jumlah populasi siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat. Untuk mengukur kemampuan menyimak digunakan instrumen berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda, sedangkan instrumen untuk mengukur kemampuan menuliskan kembali informasi adalah tes menulis dengan menggunakan bahasanya sendiri dengan memperhatikan isi, struktur kalimat, pilihan kata, ejaan dan tanda baca yang tepat. Hasil analisis uji koefisien korelasi dengan rumus product moment menghasilkan rxy sebesar 0,26. Kemudian uji signifikan korelasi dengan menggunakan uji-t memperoleh th (2,36) dan tt (1,67). Karena th lebih besar dari tt (th > tt), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan menyimak dengan kemampuan menuliskan kembali informasi siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat. Uji koefisien determinasi menghasilkan r2xy sebesar 6,76%. Ini menunjukkan bahwa 6,76% variasi variable Y ditentukan oleh variabel X. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan menuliskan kembali informasi siswa kelas I SMK Muhammadiyah 4, Jakarta Barat.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox