OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00426
Judul : Analisis majas lirik lagu Rhoma Irama dalam album "dua puluh lagu-lagu terbaik album Rhoma Irama" serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
Pengarang : Nadiah Rahmawati Mahmudah
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : ANALISIS MAJAS
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00426 S011-00426 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46654
 Abstrak
ABSTRAK NADIAH RAHMAWATI MAHMUDAH, 020105015 ANALISIS MAJAS LIRIK LAGU RHOMA IRAMA DALAM ALBUM ?DUA PULUH LAGU ? LAGU ALBUM TERBAIK RHOMA IRAMA? DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Skripsi, Jakarta : Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui majas yang terdapat dalam lirik lagu Rhoma Irama. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Novenber 2007 sampai dengan Januari 2008. Penulis mengunakan metode deskriptif analisis. Fokus penelitian ini adalah penggunaan majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan dan majas perlulangan. Sedangkan objek penelitian ini mengambil lirik ? lirik lagu Rhoma Irama dalam album ?dua puluh lagu ? lagu album terbaik Rhoma Irama?. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka didapat 95 majas dalam lirik ? lirik lagu Rhoma Irama. Terdiri atas 4 majas yaitu, (1) majas perbandingan meliputi perumpamaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antetesis, pleonasme dan tautologi, perifrasis, antisipasi atau proparsis; (2) majas pertentangan meliputi hiperbola, litotes, ironi, oksimoron, paronomasia, paralipsis, zeugma dan silepsis, satire, innuendo, antifarsis, paradoks, klimaks, antiklimaks, sinisme, sarkasme; (3) majas pertautan maliputi metonimia, sinekdoke, alusi, eufemisme, eponim, epitet, antonomasia, erotesis, paralelisme, ellipsis, gradasi dan (4) majas perulangan meliputi aliterasi, asonansi, epizeukis, anaphora, epistrofa, epanalepsis, antanaklasis, kiasmus, mesodilopsis. Jumlah majas yang terbesar adalah majas perlulangan berjumlah 53 atau sekitar 55,54 %, majas pertentangan berjumlah 24 atau sekitar 26,67 %, majas perbandingan berjumlah 13 majas atau sekitar 14,44 %, sedangkan yang paling sedikit jumlahnya adalah majas pertautan yaitu berjumlah 5 majas atau sekitar 5,55 %. Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan bahwa majas banyak digunakan dalam lirik lagu salah satunya dalam lirik lagu Rhoma Irama dalam album ?dua puluh lagu ? lagu album terbaik Rhoma Irama?.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox