OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00462
Judul : Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Islam Gunung Jati Tangerang
Pengarang : Mahasyah Bimbi
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xii, 147p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00462 S017-00462 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46652
 Abstrak
MAHASYAHBIMBI. NIM : 0401125034. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Islam Gunung Jati Tangerang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2008.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruhpendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruhpendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Gunung Jati Tangerang tahun pelajaran2007/2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple randomsampling dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan datamengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 19soal dengan empat pilihan yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknikanalisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi 05 , 0 .Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujililliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimendidapat Lhitung = 0,099 dan Ltabel = 0,161. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,116 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, berartihipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,531 dan Ftabel = 1,858 dengan taraf signifikansi 05 , 0 . Mengingat fhitung=1,531@1,858=Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh harga thitung = 3,570 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 05 , 0 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga ttabel = 2,002. Hal berarti thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matimatika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox