OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00442
Judul : Pengaruh Penggunaan musik instrumental dalam proses belajar mengajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa materi persamaan di SMK Negeri 6 Jakarta
Pengarang : Putri Aprilia
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xvi, 177p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00442 S017-00442 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46614
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan musik instrumental dalam proses belajar mengajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh penggunaan musik instrumental dalam proses belajar mengajar matematika siswa.? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Jakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi berasal dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Jakarta berjumlah 320 orang siswa dan diambil sebagai sampel kelas X Akuntansi sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukarannya sebanyak 24 soal. Uji persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lielliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Pada kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,091 < 0,161 = Ltabel , maka terima hipotesis nol berarti sampel pada kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan pada kelas kontrol didapat Lhitung = 0,107 < 0,161 = Ltabel , maka terima hipotesis nol berarti sampel dari kelas control berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh F0.975 = 0,538 < Fhitung = 1,291 < 1,859 = F0,025, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki varians sama berarti sampel yang digunakan adalah homogen. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa perbandingan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05. hasil analisis data diperoleh thitung = 3,81 > 2,01 = ttabel , maka terima hipotesis alternatif. Berdasarkan hasil analisa data di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan musik instrumental dalam proses belajar mengajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox