Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar ekonomi siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Ada hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar ekonomi". Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X (sepuluh) SMA Muhammadiyah Sawangan pada semester satu (ganjil) tahun ajaran 2009/2010. Sampel diambil secara acak sederhana (random sampling) dengan mengambil 36 siswa dari 42 siswa yang berasal dari kelas X1 dan X2. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan tehnik korelasi. Variabel bebas (X) adalah hasil belajar matematika dan variable (Y) adalah hasil belajar ekonomi. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas diperoleh Lhitung = 0,1423 < 0,15 = Ltabel dan untuk variable terikat di peroleh Lhitung = 0,0902 < 0,15 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 1,39 + 0,67 X. Uji linieritas diperoleh Fhitung = 0,886 < 4,13 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan model regresi adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 134,280 ≥ 2,23 = Ftabel,hal ini berarti model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, sehingga memperoleh keberartian korelasi dengan uji t. Dari rhitung = 0,895 diperoleh thitung = 10,695, sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,99. Hal ini berarti H0 ditolak maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar ekonomi. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,798. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika memberikan kontribusi sebesar 79,8% terhadap hasil belajar ekonomi.