OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00420
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif di Sekolah Dasar Negeri Sudimara 6 Ciledug
Pengarang : Sri Wahyuni
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xiii, 215p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00420 S017-00420 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46504
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sudimara 6 Ciledug kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk uraian sebanyak 11 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat L0 = 0,046 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol L0 = 0,084 < 0,161 = Ltabel , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,054 < 1,850 = Ftabel, maka kedua sampel tersebut homogen. Uji analisis data dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung = 4,056 > 2,040 = ttabel . Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox