OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00376
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 161 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2010/2011.
Pengarang : Ceilma Apriyani
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00376 S014-00376 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46411
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 161 Jakarta Selatan dalam pokok bahasan Sistem Reproduksi pada Manusia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 161 Jakarta Selatan yang berjumlah 349 siswa dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal yang mengukur hasil belajar yang terdiri dari 30 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu diperiksa dan dikonsultasikan kepada pembimbing I dan II. Analisis data diuji menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, karena data dari kelompok (kelompok kontrol) tidak berdistribusi normal maka pengujian hipotesis menggunakan tes Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan, selisih rata-rata nilai posttest - pretest pada kelompok kontrol = 26,11 sedangkan kelompok eksperimen = 31,38. Hasil perhitungan didapat W0,01(36) = 169,05 dan Wtabel = 1,5, berarti kedua metode mengajar tersebut berbeda sangat signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tenknik STAD pada materi sistem reproduksi pada manusia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 161 Jakarta Selatan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox