OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00403
Judul : Hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa di SMP Sejahtera 2 Cileungsi
Pengarang : Linda Marantika Wulandari
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xvi, 260p. : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00403 S017-00403 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46404
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat dan tidaknya hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sejahtera 2 Cileungsi pada siswa kelas VIII semester II tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 40 siswa dari 252 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen daya ingat (variabel X) menggunakan tes daya ingat dengan bentuk uraian singkat sebanyak 40 soal, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar matematika dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Instrumen telah diujicobakan di SMP N 1 Cileungsi pada kelas siswa VIII sebanyak 47 siswa. Hasil uji coba diperoleh 26 soal daya ingat yang valid dan 27 soal hasil belajar yang valid. Pengujian reliabilitas tes daya ingat menggunakan rumus Spearman Brown diperoleh rhitung = 0,863 > 0,288 = r(0,05)(47) dan tes hasil belajar matematika siswa menggunakan KR-20 diperoleh rhitung = 0,837 > 0,288 = r(0,05)(47) sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Dari hasil pengujian normalitas data, variabel X diperoleh L0 = 0,1014 < 0,1401 = L(0,05)(40) dan variabel Y diperoleh L0 = 0,1255 < 0,1401 = L(0,05)(40), maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 30,757 + 0,338X. Hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 10,597 > 4,100 = F(0,95)(1,38) , maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Hasil uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung = 0,614 < 2,130 = F(0,95)(14,24), sehingga dapat disimpulkan model regresi linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung = 0,467 didapat thitung = 3,257 > 2,024 = t(0,975)(38) yang berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan yang signifikan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa di SMP Sejahtera 2 Cileungsi. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,218 artinya kontribusi daya ingat terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 21,8%.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox