OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00369
Judul : Perbedaan Penguasaan Konsep Dasar Biologi Pada Siswa SMP Kelas 2 Dari Guru Biologi Dengan Latar Belakang Yang Bervariasi.
Pengarang : Purwita
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00369 S014-00369 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46400
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dasar biologi pada siswa SMP kelas 2, dan mengetahui perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa SMP kelas 2 dari guru biologi dengan latar belakang yang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret-April 2010 di SMP Negeri 2 Tarumajaya Bekasi dan SMP Negeri 3 Tarumajaya Bekasi. Dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa yang belajar pada guru dengan latar belakang asal perguruan tinggi guru (PTN dan PTS) dan pada guru dengan latar belakang bidang ilmu yang ditekuninya (Biologi dan Bukan Biologi). Berdasarkan analisis data dengan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 0,53 dan t0,995 sebesar 2,67 pada dk 78 . maka tidak berbeda signifikan atau tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa. Sedangkan perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa berdasarkan pengalaman mengajar guru yang berbeda menunjukan adanya perbedaan penguasaan konsep pada siswa. Selisih nilai siswa A1 dan A2 sebesar 7,09 maka A1 dan A2 berbeda signifikan. Untuk siswa A1 dan A3 selidih nilai sebesar 5,77 maka A1 dan A3 berbeda signifikan. Sedangkan untuk siswa A2 dan A3 sebesar -1,32 maka berbeda signifikan. Berdasarkan uraian hasil penelitian diberi kesimpulan tidak ada perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa yang belajar dengan guru yang berasal dari lulusan perguruan tinggi yang berbeda, maupun dari guru yang berlatar belakang bidang keilmuan yang berbeda. dan terdapat perbedaan penguasaan konsep dasar biologi pada siswa yang belajar dengan guru dengan pengalaman mengajar yang berbeda.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox