Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Metode Latihan Yang menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Pengaruh Metode Latihan Yang menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 19 Petukangan Utara Jakarta Kelas XI (Sebelas) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode latihan yang menggunakan modul sedangkan variable terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Instruman penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus product moment didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha sebesar 0,933. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,068 ≤ 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,065 ≤ 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,085 ≤ 1,858 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t didapat thitung= 3,454 dan ttabel = 1,675 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Latihan Yang menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.