Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Keterampilan
Proses Sains (KPS) siswa SMP di wilayah Kecamatan Serpong-Tangerang.
Penelitian ini dilakukan di SMP di Wilayah Kecamatan Serpong, yakni SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan, SMP PGRI Serpong dan Madrasah Tsanawiyah Serpong dan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2010.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan Kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di wilayah Kecamatan Serpong dengan subjek penelitian 117 siswa yang diambil secara cluster random. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal Keterampilan Proses Sains (KPS) yang diberikan kepada siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa SMP di wilayah Kecamatan Serpong-Tangerang cukup baik.. Terlihat dari hasil besarnya persentase yaitu sebesar 59,03%. Secara keseluruhan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa SMP di wilayah Kecamatan Serpong-Tangerang tergolong cukup.