OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00362
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan
Pengarang : Syukriyah
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00362 S014-00362 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46371
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dengan latar belakang yang berbeda: jenis kelamin, asal sekolah (Negeri atau Swasta), penghasilan orang tua dan nilai akademik pada pokok bahasan Fungi. Penelitian ini dilakukan di SMAN12 Tangerang, pada bulan Maret? April 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan model desain Cluster Random Sampling. Populasi berjumlah 310 orang (8 kelas), sampel yang digunakan adalah kelas X-7 (38 orang). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dalam bentuk C4 dan C5. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 12 Tangerang tergolong baik (74,21). Kemampuan berpikir kritis siswa perempuan (75,79) cenderung lebih baik dibandingkan siswa laki-laki (71,79). Siswa yang berasal dari SMP Negeri (79,18) memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan siswa yang berasal dari SMP Swasta (70,59). Pada siswa yang penghasilan orang tuanya besar memiliki kemampuan berpikir kritis cenderung lebih rendah (73,34) dibandingkan siswa yang penghasilan orang tuanya kecil (74,87). Jika dilihat nilai akademiknya, siswa yang nilai akademik tinggi cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik (78,01) dibandingkan siswa yang nilai akdemiknya (71,34).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox