OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00390
Judul : Hubungan kemampuan matematika dengan hasil belajar biologi di MTs Nurul Huda Bekasi
Pengarang : Dian Yuningsih
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xii,173p. : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00390 S017-00390 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46365
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan matematika pada pokok bahasan peluang dengan hasil belajar biologi pada pokok bahasan pewarisan sifat, dengan hipotesis: terdapat hubungan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Bekasi pada semester I tahun pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Nurul Huda, Bekasi. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang yang diambil secara acak, sedangkan metode yang digunakan metode survei dengan teknik korelasi. Hasil penelitian berupa data yang diperoleh dari uji coba instrumen penelitian berupa tes kemampuan matematika pada pokok bahasan peluang dan hasil belajar biologi pada pokok bahasan pewarisan sifat yang diuji menggunakan uji validitas terdiri dari 20 soal matematika dan 20 soal biologi. Reliabilitas diketahui dari uji coba instrumen penelitian yang valid dengan memperoleh angka 0,762 untuk kemampuan matematika dan 0,771 untuk hasil belajar biologi. Pengujian prasyarat analisis data dengan uji normalitas menggunakan uji lilliefors, kesimpulan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal karena Lhitung = 0,125 < 0,140 = Ltabel pada kemampuan matematika dan Lhitung = 0,129 < 0,140 = Ltabel pada hasil belajar biologi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji linieritas dan uji keberartian menggunakan analisis varians (ANAVA). Untuk uji kelinieran mempunyai kelinieran pada α = 0,05, n = 40, dan k = 20 karena Fhitung = 0,48 < 2,27 = Ftabel dan uji keberartian regresi adalah signifikan karena Fhitung = 50,82 > 4,10 = Ftabel pada α = 0,05, n = 40, dan k = 20 sehingga diperoleh persamaan regresi Ŷ = 2,380 + 0,695X. Pengujian analisis korelasi dengan r = 0,756 diperoleh uji t-student sebesar 7,119 dan koefisien determinasinya diperoleh 0,572 sehingga kemampuan matematika memberikan sumbangan sebesar 57,2% terhadap hasil belajar biologi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelajaran matematika pada pokok bahasan peluang dengan pelajaran biologi pada pokok bahasan pewarisan sifat.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox