OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00379
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan deduktif di smp negeri 5 kota tangerang selatan
Pengarang : Rima Nurcahyani
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xii, 229p. : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00379 S017-00379 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46350
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan deduktif.. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Tangerng Selatan. Kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme dan pendekatan deduktif. sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum instrumen penelitian ini diberikan kepada objek penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari uji validitas dengan rumus product moment diperoleh 26 soal yang valid dan 14 soal yang tidak valid, sedangkan hasil dari uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 rhitung = 0,827 > 0,344 = rtabel. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,121 < 0,140 = Ltabel sedangkan untuk kelas control didapat Lhitung = 0,110 < 0,140 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,242 < 1,705 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t didapat thitung = 3,110 dan ttabel = 1,994 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan deduktif.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox