OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00376
Judul : Pengaruh penggunaan media vcd pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa di sdn pegadungan 03 pagi kalideres jakarta
Pengarang : Muhammad Budiman
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xiii, 178p, : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00376 S017-00376 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46325
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media VCD pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan media VCD pembelajaran. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh penggunaan media VCD pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pegadungan 03 Pagi Kalideres Jakarta, kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa, yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media VCD pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian, dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 32 soal yang valid dan 8 soal yang tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 didapat rhitung = 0,787 > 0,301 = rtabel, maka instrumen yang digunakan reliabel. Rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen adalah 22,270, dan rata-rata di kelas kontrol adalah 18,143. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,081 < 0,146 = Ltabel, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,113 < 0,150 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,043 < 1,756 = Ftabel dapat disimpulkan bahwa sampel dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 4,047 > 1,668 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media VCD pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox