Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siwa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri I Bojong Mangu Bekasi semester pertama tahun pelajaran 2009-2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30 siswa yang berasal dari siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan tekhnik korelasi. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi berprestasi yang berjumlah 26 item dengan 5 alternatif jawaban dan tes hasil belajar matematika berjumlah 26 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,094 < 0,161 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,113 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa keduanya berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = - 12,403+0,28 X. Selanjutnya untuk Uji linieritas regresi diperoleh Fo = 0,799 < 2,410 = F(0,95) (10,18) sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fo = 61,06 > 4,20 = F(0,95) (1,28) berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,833. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-student dari rxy = 0,833 didapat dengan to = 7,57 > 2,05 = t (1-½α)(n-2) dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 = 0,6855. Hal ini berarti motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 68,55 % terhadap hasil belajar matematika siswa.