Abstrak
Persepsi khalayak terhadap suatu iklan akan berhubungan dengan bagaimana khalayak menginterpretasikan akan sebuah iklan. Dalam periklanan, persepsi terhadap suatu iklan dibentuk untuk menjembatani suatu merek atau nama produk yang diiklankan dengan calon konsumennya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan ini diharapkan mampu menguji tentang apa yang diteliti secara akurat. Penelitian ini menggunakan penelitian survey, dimana peneliti menyebarkan kuisioner kepada responden untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu-ibu di lingkungan Pinang Indah RW 02 yang memiliki balita berdasarkan data posyandu 2006/2007 sebanyak 80 orang. Lalu sampel yang diambil adalah 67 responden berdasarkan perhitungan rumus Taro Yamane yang kemudian dibagi berdasarkan usia dan tingkat pendidikan.
Penelitian ini menggunakan tiga teori yang terdiri dari teori kognitif, individual differences, dan selective influences dikarenakan berdasarkan tujuan dari penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi ibu-ibu di Lingkungan Pinang Indah RW 02 terhadap iklan pampers Active Baby versi Go Up To Chair di televisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, responden mempunyai persepsi yang negatif terhadap iklan pampers Active Baby ?Go Up To Chair? dengan prosentase sebesar 40,4%. Hal ini terlihat dari banyaknya responden yang kurang mengetahui dan memahami dengan apa yang ditampilkan dalam iklan tersebut.