OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00364
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran remedial dengan pembelajaran biasa di smp negeri 6 tanjung pandan bangka belitung
Pengarang : Fika Alghadari
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xiv, 173p. : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00364 S017-00364 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46254
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran remedial dengan pembelajaran biasa. Hipotesis penelitian: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran remedial dengan pembelajaran biasa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Tanjungpandan Bangka Belitung Kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: pembelajaran remedial dan pembelajaran biasa. Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Point Biserial didapat 28 soal yang valid dan 12 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung = 0,853 > 0,344 = rtabel, maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,088 < 0,150 = Ltabel sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,123 < 0,146 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,260 < 1,753 = Ftabel, dapat disimpulkan sampel dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test didapat thitung = 7,893 > 1,994 = ttabel, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran remedial dengan pembelajaran biasa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox