OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00359
Judul : Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori di smp negri 7 tambun selatan bekasi
Pengarang : Diana Salamah
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : xiii, 206p. : ill.
30 Cm
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00359 S017-00359 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46230
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Tambun Selatan Kelas VIII ( delapan ) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 94 siswa yang terdiri dari 45 siswa kelas eksperimen dan 49 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori sedangkan variable terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus product moment didapat 13 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha rhitung = 0,871 > 0,339 = r tabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,111 < 0,132 = L0,132(45) sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,089 < 0,127 = L0,127(49) maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,202 < 1,628 = F0,975(44,48) hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Rata-rata skor kelas eksperimen = 40,044 dan rata-rata kelas kontrol = 37,000 dan Pengujian statistik dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,142 > 1,989 = t0,975(45,49) dengan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox