OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S015-00307
Judul : Upaya meningkatan hasil belajar fisika melalui systematic approach to problem solving di sma muhammadiyah 18 jakarta
Pengarang : Nyai Suminten
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S015-00307 S015-00307 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 46125
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Listrik Statis antara menggunakan metode Tanya Jawab dan Diskusi pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT YPI ?45? Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 60 siswa kelas IX. Sampel dibagi menjadi dua kelas eksperimen, yaitu kelas siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan Tanya Jawab dan Diskusi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen hasil belajar listrik statis berupa tes sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan ganda antara empat alternatif jawaban. Pemberian skor adalah bila jawaban benar skor 1 dan bila jawaban salah skor 0. Pengujian normalitas data antara menggunakan uji Lilliefors. Pada kelas siswa yang menggunakan Metode Tanya Jawab nilai maksimum sebesar 0,1456 dan kelas siswa yang menggunakan Diskusi nilai maksimum sebesar 0,1389 yang keduanya berada di bawah harga Ltabel yaitu 0,161 berarti data berdistribusi normal. Uji kesamaan varian (homogenitas) menggunakan uji Fisher. Harga Fhitung hasil tes semua kelas sebesar 1,083. Harga Ftabel untuk F0,95(29,29) antara taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,538 dan F0,05(29,29) sebesar 1,858 yang berarti semua kedua kelas homogen. Hipotesis diuji antara uji-t antara varians sama. Dari hasil pengujian hipotesis ternyata diperoleh thitung untuk metode Tanya Jawab dan Diskusi sebesar 1,46, antara derajat kebebasan (dk) = 58, ttabel antara α = 0,05 sebesar 2,002. Karena thitung untuk Metode Tanya Jawab dan Diskusi terletak di dalam daerah penerimaan H0. Maka H0 diterima dan H1 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan Metode Tanya Jawab dan Diskusi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox